@thesis{thesis, author={Muanah Muanah}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA KELAS V SD NEGERI BENDA 01 SIRAMPOG}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/163/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam proses pembelajaran hanya menggunakan model konvensional yang hanya berpusat pada guru karena siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. hal ini berdampak pada rendahnya nilai ulangan matematika kelas V khususnya materi keliling dan luas lingkaran dari tahun ke tahun yang mendapatkan nilai diatas KKM dibawah 50%. Nilai KKM pelajaran matematika kelas V SD Negeri Benda 01 adalah 65. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi keliling dan luas ingkaran siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog efektif. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif, bentuk eksperimen, dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental-Design dengan bentuk desain One- Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog.Teknik pengumplan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji ketuntasan individual, uji ketuntasn klasikan, dan uji banding. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran menggunakan model pembelajaran TAI dapat tuntas secara Individual. (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran menggunakan model pembelajaran TAI dapat tuntas secara klasikal (3) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran setelah menggunakan model pembelajaran TAI lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran TAI. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran menjadi lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran TAI sehingga dapat dikatakan efektif.} }