@thesis{thesis, author={Hidayati Novi Indah}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MI MA’ARIF NU 01 PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/169/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma?arif NU 01 Pekuncen. Pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi yaitu siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Pekuncen yang berjumlah 32 siswa, diantaranya 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu tes berpikir kreatif yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya beda soal. Metode penelitian yang dilakukan yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Pekuncen, besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Pekuncen sebesar 53,1% sedangkan sisanya 46,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji korelasi diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel (0,728 > 0,349). Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu 9,337 + 0,541X dan t hitung lebih besar dari t tabel (5,823 > 1,697). Hasil uji F diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (33,911 > 4,18) dengan signifikansi yang diperoleh senilai 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Pekuncen.} }