@thesis{thesis, author={Shoufia Maya}, title ={PENGEMBANGAN ALAT PERAGA JAM KALKULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1 SD NEGERI KARANGJONGKENG 01 TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/172/}, abstract={Hasil belajar kognitif matematika pada materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri Karangjongkeng 01 masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya alat peraga inovatif dan menarik yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan alat peraga jam kalkulator yang berkualitas baik dengan kriteria valid, praktis dan efektif, serta untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jam kalkulator materi penjumlahan kelas 1 SD Negeri Karangjongkeng 01. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi oleh pengembangan model Plomp yang terdiri dari lima tahap yaitu fase investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, dan tes, evaluasi, revisi, serta implementasi. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket kevalidan, wawancara kepraktisan, angket keefektifan, serta hasil belajar kognitif pretest dan posttest. Hasil pengembangan alat peraga jam kalkulator yaitu hasi dari kevalidan mendapatkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Hasil wawancara kepraktisan dapat disimpulkan bahwa alat peraga jam kalkulator bisa digunakan di SD Negeri Karangjongkeng 01. Hasil keefektifan pada uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata 4,6 dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif pretest sebesar 66 dan posttest sebesar 81,5. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika yaitu 70 dengan proporsi siswa yang tuntas melampaui 75%. Pengujian uji beda rata-rata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sehingga alat peraga jam kalkulator efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika materi penjumlahan.} }