@thesis{thesis, author={Aryanti Puput}, title ={NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI DUKUHTURI 01 KECMATAN BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/174/}, abstract={Volume bangun ruang adalah salah satu materi yang dipelajari dalam matematika di SD. Hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 menunjukan bahwa siswa kelas V dalam mengerjakan soal volume bangun ruang dalam bentuk soal cerita banyak melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut dapat diketahui melalui prosedur ?Newman?s Error Analysis (NEA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan Newman?s Error Analysis (NEA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data mengunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kasalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%. Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe memahami 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.} }