@thesis{thesis, author={Hayuliah Hayuliah}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/205/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bangun datar tentang keliling dan luas lingkaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses model pembelajaran LAPS-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalilangkap 01 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji regresi linier sederhana dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses model pembelajaran LAPS-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sebesar 64,4% dan 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Diperoleh persamaan regresi yaitu ? = 15,068 + 0,882X. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan proses model pembelajaran LAPS-Heuristik berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.} }