@thesis{thesis, author={Nisa Ulfatun}, title ={PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/213/}, abstract={Kemampuan pemahaman matematika peserta didik kelas XI TJK 2 masih rendah. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern yaitu kecerdasan emosional dan gaya belajar. Pentingnya untuk memperhatikan kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa, agar pendidik dapat mengetahui kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa dan pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Peneliti ini mengambil sampel kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK 2 sebagai kelas uji coba. Kelas eksperimen terdiri dari 39 siswa dan kelas uji coba terdiri dari 42 siswa. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, angket dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana dan uji analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penilitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 76,1% (2) terdapat pengaruh positif gaya belajar yang kurang terhadap pemahaman matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 27,3% (3) tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar (4) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 77,9%.} }