@thesis{thesis, author={Ayuningsih Eka Diah}, title ={EFEKTIVITAS PENDEKATAN ASSISTED LEARNING TIPE SCAFFOLDING BERBANTUNG ADHESIVES AND FLANENEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI PLSV KELAS VII}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/215/}, abstract={disimpulkan bahwa permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Bustanul Ulum bantarkawung adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis serta rendahnya aktivitas belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan scaffolding berbantuan adhesives and flannel untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pendekatan scaffolding berbantuan adhesives and flannel terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bustanul Ulum Bantarkawung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 16.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 61 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 70,63 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 63,00. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = 11,592 + 0,987x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 85,1%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan pendekatan scaffolding berbantuan adhesives and flannel efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.} }