@thesis{thesis, author={Masriah Ani}, title ={Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantuan Jam Sudut Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Garis dan Sudut}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/230/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model Student Facilitator And Explaining berbantuan jam sudut terhadap kemampuan representasi matematis. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Posttest-Only Design. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji ketuntasan rata-rata kemampuan representasi matematis 89,66% telah melampaui KKM, rata-rata kemampuan representasi matematis kelas eksperimen yaitu 73 lebih baik dari rata-rata kemampuan representasi matematis kelas kontrol yaitu 61, dan ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan representasi matematis sebesar 67,4%.} }