@thesis{thesis, author={Zulmi Rifaldi}, title ={UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TONJONG 06 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/254/}, abstract={Rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 menjadi tanggungjawab guru kelas untuk dapat meningkatkannya. Melalui kinerja dan peran guru dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melampoi KKM yang ada, dari latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06, dengan fokus penelitian upaya guru dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 pada ranah kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar meningkat dengan upaya yang dilakukan guru dengan mempersiapakan bahan ajar sebelum pembelajaran sebagai bahan untuk mengajar serta penguasaan materi, pengelolaan kelas yang bervariasi, keterampilan membuat dan menggunakan media, serta penilaian prestasi siswa. Kesimpulannya diperoleh bahwa upaya guru yang telah dilakukan dalam meningkatkan prestasi siswa adalah menguasai bahan ajar, pengelolaan kelas yang kondusif sesuai kondisi, pembelajaran yang berulang dengan menghafal dan mengulang ulang serta terampil membuat media dan evalusi tindak lanjut yang melibatkan kerja sama dengan pihak lain. Kenaikan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 berkisar 5%-30% di atas KKM.} }