@thesis{thesis, author={Casyo Casyo}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/300/}, abstract={Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bungun rung kubus dan balok sub tema unsur-unsur dan luas permukanya. Keefektivan dilihat dari tingkat ketuntasan kemempuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen, perbandingan nilai rata-rata kemempuan pemecahan maslah matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh keterampilan proes siswa pada pemebelajaran dengan menggunakan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penedekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Ma?arif NU 4 Bantarkawung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol VIII B yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Rata ?rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 79,86 lebih baik dibanding rata-rata kemempuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 72,50. Uji regresi sederhana menghasilkan Y ?=26,931+0,634x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa pada model pembelajran project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan maslah siswa sebesar 88%. Karena memenuhi ketiga kriteria maka disimpulkan bahawa pembelajaran menggunakan model project based learning berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa efektif.} }