@thesis{thesis, author={Purwanti Euis Ayu}, title ={EFEKTIVITAS MODEL ROUND CLUB BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARGASARI}, year={2018}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/360/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi secara lisan berupa siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan jawaban jika ditanya oleh guru dan siswa belum mampu mengkomunikasikan pendapatnya dengan baik. Sedangkan komunikasi secara tulisan dapat dilihat dari jawaban siswa yang belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu: (1) menulis matematika; (2) menggambar matematis; dan (3) ekspresi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Round Club berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Margasari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian uji ketuntasan diperoleh nilai t_hitung = 5,593 dan z_hitung = 1,897; uji beda rata-rata diperoleh t_hitung = 3,074; dan uji regresi sederhana diperoleh nilai sig. = 0,000, b = 1,775, dan R Suare = 0,684 atau 68,4%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat dengan Model Round Club berbantuan LKS yaitu 80,51 artinya tuntas KKM; (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat dengan Model Round Club berbantuan LKS yaitu 80,51 lebih baik dari pembelajaran konvensional yaitu 74,99; (3) Terdapat pengaruh positif aktivitas siswa dari Model Round Club Berbantuan LKS sebesar 68,4% terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat. Dari kesimpulan tersebut, maka terbukti bahwa pembelajaran dengan model Round Club berbantuan LKS terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi segiempat lebih efektif daripada pembelajaran dengan model konvensional} }