@thesis{thesis, author={Lestari Putri Ayu}, title ={PERBANDINGAN MODEL OUTDOOR LEARNING DAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAKHUL AFKAR}, year={2018}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/403/}, abstract={Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains siswa kelas V MI Miftakhul Afkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Perbandingan Model Outdoor Learning dan Jelajah Alam Sekitar terhadap ketrampilan proses sains siswa kelas V MI Miftakhul Afkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftakhul Afkar Tahun. Sampel penelitiannya adalah siswa V MI Miftakhul Afkar yang berjumlah 44 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji T sampel independen. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,093 dengan taraf signifikasi 5%. Jadi H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan keterampilan proses sains antara penggunaan model pembelajaran outdoor learning dengan jelajah alam sekitar mata pelajaran IPA kelas V di MI Miftakhul Afkar.} }