@thesis{thesis, author={Rahmawati Riska}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PATIKA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 2 SD NEGERI SEDESA ADISANA TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/441/}, abstract={Hasil belajar kognitif matematika pada materi perkalian dan pembagian kelas 2 SD Negeri di Desa Adisana masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya media menarik yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PATIKA (papan stik matematika), mengetahui tingkat validitas media dan mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media PATIKA.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, desain, development, implementation, serta evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Adisana 04. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket kevalidan, dan hasil belajar kognitif posttest.Berdasarkan hasil penelitian,hasil dari kevalidan media mendapatkan nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif posttest kelas kontrol sebesar 70 dan hasil posttest kelas eksperimen sebesar 83. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa kelas eksperimen yang tuntas melampaui 75%. Dari hasil uji statistik menggunakan uji-t pada spss didapatkan nilai sebesar dan sebesar . Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dengan nilai kontrol atau secara statistik rata-rata nilai kelas eksperimen dengan menggunakan media PATIKA lebih baik dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media PATIKA.} }