@thesis{thesis, author={Rizki Winda Urifatu}, title ={PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD NEGERI TARABAN 04 PADA MATERI IPA TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/455/}, abstract={Latar belakang penelitian ini ialah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan pada dunia pendidikan. Harapan dalam pendidikan siswa mempunyai sikap kemandirian yang baik dalam proses pembelajaran tetapi pada kenyataannya sikap kemandirian siswa rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif sehingga siswa tingkat pemahamannya rendah. Seperti yang terjadi pada pembelajaran materi IPA guru hanya menggunakan metode ceramah. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh project based learning terhadap kemandirian siswa kelas V SDN Taraban 04 Pada Materi IPA tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pendekatan penelitian kuantitatif ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Taraban 04. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 9, 469 dengan taraf signifikasi 5% atau 0, 05 maka diperoleh ttabel 2, 418 sehingga thitung > ttabel. Jadi H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh project Based Learning terhadap kemandirian siswa kelas V SDN Taraban 04 Pada Materi IPA tahun pelajaran 2017/2018.} }