@thesis{thesis, author={KHOERIAH Siti}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN ALAT PERAGA BENTUK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III SD NEGERI WARU 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/525/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa pada materi bentuk rupa bumi yaitu 66,06, berdasarkan hasil wawancara dari 16 siswa, terdapat 5 siswa yang mendapat nilai di atas 70 dan sisanya mendapat nilai di bawah 70 yaitu 11 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar Tema Bumi dan alam semesta materi bentuk rupa bumi siswa kelas III SDN Waru 02 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Waru 02 dan SDN Waru 03 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan langkah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar, hal tersebut dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R Square 0,646 atau 64,6%, artinya besar pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar tema bumi dan alam semesta, materi bentuk rupa bumi di kelas III adalah 64,6%. Sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain.} }