@thesis{thesis, author={Labibah Isti}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/70/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Tonjong. Hal ini terlihat dari hasil tes soal investigasi didapatkan bahwa rata-rata nilai matematika masih di bawah standar KKM, dengan standar KKM adalah 72. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model MEA berpendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode MEA berpendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Tonjong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII B dan kelas kontrol VIII C yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melampaui 72 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen adalah 80,18 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas kontrol yaitu 74,25. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ? = -37,207+ 1,2618X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar 71,63%. Karena memenuhi ketiga kriteria keeefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MEA berpendekatan kontekstual efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.} }