@thesis{thesis, author={SHOLIHAT Rojatun}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BUTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DATA TUNGGAL}, year={2019}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/797/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil PTS semester 2 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa nilai rata- ratanya mencapai 56,46, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model Problem Based Learning berbantuan BUTIK terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika data tunggal. Keefektivan dilihat dari perbandingan model Problem Based Learning berbantuan BUTIK dengan model konvensional pada ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan perbandingan lebih baik atau tidaknya antara model Problem Based Learning berbantuan BUTIK dengan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata- rata, uji ketuntasan, dan uji banding. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan BUTIK melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 91,67%. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siwa kelas eksperimen adalah 77 lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 63. Karena memenuhi kedua kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan BUTIK efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.} }