@thesis{thesis, author={SAPUTRA Anggit}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL YAQIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/868/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Pemecahan masalah siswa, maka menjadi pendorong peneliti untuk menerapkan model SQ3R. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI pada pembelajaran matematika di MI Nurul Yaqin Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan Pre-Experimental Desaign menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Yaqin sebanyak 18 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI pada pembelajaran matematika di MI Nurul Yaqin tahun pelajaran 2019/2020. Besarnya pengaruh yaitu 51,40% dengan menggunakan model SQ3R, sedangkan sisanya sebesar 48,60% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel model SQ3R, oleh karena itu dapat disimpulkan, model SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. viii} }