@thesis{thesis, author={FARHANAH Daniatul}, title ={PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS V SD NEGERI BANGBAYANG 02}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/895/}, abstract={Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bangbayang 02 sulit memahami materi IPS. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan belum menggunakan bahasa yang sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri Bangbayang 02. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan Thiagarajan (1974), yang terdiri dari tahap define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bangbayang 02. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan produk dan analisis isi. Hasil penelitian diperoleh 1) lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan nilai 4,1 dengan kategori ?sangat layak?, validasi ahli media dengan nilai 4 dengan kategori ?layak? dan penilaian guru kelas V dengan nilai 4,4 dengan kategori ?sangat layak?. 2) lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh hal ini ditunjukkan dari hasil literatur review. Pada produk lembar kerja siswa dalam model pembelajaran berbasis masalah pada tema peristiwa dala kehidupan kelas V SD Negeri Bangbayang 02 telah dinyatakan layak dan sesuai dengan mata pelajaran IPS.} }