@thesis{thesis, author={PITRIYANITA Eha}, title ={STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENCAPAIAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNUNGSUGIH 02}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/903/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter yang terbentuk di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02 dan pembelajaran tematik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter dan pencapaian nilai karakter di dalam pembelajaran tematik tema 8 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (semi struktural), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter dilakukan melalui keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, dan integrasi dan internalisasi. Dalam pembelajaran tematik tema 8, terdapat sepuluh nilai karakter yang dicapai yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggungjawab} }