@thesis{thesis, author={KUSBANDYAH Ida}, title ={ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI TONJONG 04 TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/913/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 04 Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu diterapkannya pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang bersifat konvensional atau berpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan efektif dalam menunjang pembelajaran. Selain itu, guru jarang menggunakan alat peraga pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran.} }