@thesis{thesis, author={NAFIAH Linda Khoerun}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUBANTAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V MI TARBIYATUL ATHFAL CARUBAN}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/918/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi pembelajaran matematika terlalu monoton dan kurang mendukungnya media pembelajaran. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran rubantar berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MI Tarbiyatul Athfal Caruban. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, test. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penlitian dan pengembangan ini dapat di simpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika melalui lima tahap yaitu Analysis (Analsis), Design (Desain), Developmentation (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil pengembangan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dan layak untuk digunakan, dengan rincian aspek isi dan tujuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 39 dan dalam kategori kelayakan ?sangat layak? dengan tingkat kelayakan 80%. Maka penggunaan media pembelajaran rumah bangun datar berbasis etnomatematika dapat dikategorikan meningkatkan hasil prestasi belajar pada materi bangun datar kelas V MI Tarbiyatul Athfal Caruban.} }