@thesis{thesis, author={RAHAYU Suci Ana}, title ={STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI AJIBARANG WETAN}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/957/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Ajibarang Wetan yang meliputi strategi profesionalisme guru dalam mengajar, penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan orangtua dan masyarakat, penerapan disiplin yang ketat dalam perencanaan dan pelaksanaan, penilaian dan pengawasan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas III, guru kelas V dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah oleh peneliti adalah wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Ajibarang Wetan dengan menggunakan berbagai strategi meliputi: strategi profesionalisme guru dalam mengajar pada kualitas pembelajaranya mengenai perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan pengwasan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala Sekolah. Selain itu, Kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru dengan mengikutsertakan guru pada kegiatan KKG, workshop, seminar dan pelatihan pendidikan. Pada strategi penggunaan media dan sarana pendidikan yaitu kepala sekolah menggunakan perencanaan pembelajaran yang tepat dalam guru untuk memilih dan menggunakan media pembelajaran dan pada sarana prasarana pendidikan kepala sekolah menggunakan perencanaan dan pengawasan pembelajaran. Pada strategi pelaksanaan supervisi secara rutin dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan pengawasan pembelajaran melalui tahapan program perencanaan supervisi, teknik pelaksanaan supervisi dan hasil supervisi. Pada strategi menjalin kerjsama dengan orangtua atau masyarakat kepala sekolah bekerjasama dengan komite sekolah untuk membentuk paguyuban wali murid dalam perencanaan pada penyusunan program sekolah. Pada strategi penerapan disiplin bahwa kepala sekolah membuat perencanaan dan pelaksanaan peraturan kedisiplinan pada guru dengan disiplin datang tepat waktu dan disiplin dalam mengajar.} }