@thesis{thesis, author={RUKMANA Piyona Indra}, title ={PENGEMBANGAN PEDOMAN PENILAIAN LITERASI BAHASA UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2020}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/989/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang ada di kelas terkait ketidak tercapaian indikator literasi bahasa yang berpengaruh pada cara berpikir siswa. masalah yang dihadapi adalah belum adanya media sebagai penunjang terkait literasi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan produk dan mendeskripsikan kualitas buku pedoman penilaian literasi bahasa untuk mencapai kemampuan HOTS siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain Quasy non-equivalent group design dan menggunakan model dai Borg&Gall dengan 10 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan Uji t teknik paired samples t test. Hasil penelitian diperoleh (1) buku pedoman penilaian literasi bahasa layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media sebesar 4,0 dengan kategori baik dan ahli materi 3,75 dengan kategori baik. (2) Hasil perhitungan uji t terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest seluruh siswa sebesar 12, 68. Hal ini menunjukan terjadi peningkatan setelah diterapkan produk buku pedoman penilaian literasi bahasa indonesia dalam pembelajaran.} }