@thesis{thesis, author={MAFTUKHA Ayu}, title ={ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI RAGATUNJUNG 04 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/995/}, abstract={Tujuan penelitian ini, yaitu Bagaimana Motivasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Peserta Didik kelas V SD Negeri Ragatunjung 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analitis. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan prilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif bertumpu pada latar belakang alamiah secara holistik, memposisikan manusia sebagai alat penelitian, melakukan analisis data secara induktif, lebih mementingkan proses daripada hasil penelitian yang dilakukan disepakati oleh peneliti dan subjek penelitian Metode deskriptif dipilih karena penelitian yang dilakukan adalah berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung dan berkenaan dengan kondisi masa sekarang. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai motivasi belajar matematika dengan metode pembelajaran dalam jaringan (daring) selama pandemi covid-19, dari paparan data dan analisis data yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan berdasarkan fokus penelitian adalah motivasi belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Ragatunjung 04 dengan metode pembelajaran dalam jaringan (daring) selama pandemi covid-19 mengalami penurunan karena berbagai hal. Motivasi belajar para peserta didik tidak seperti pada saat mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara langsung di ruang kelas. Peserta didik lebih semangat mengikuti pembelajaran yang guru sampaikan di ruang kelas dibandingkan dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilakukan selama pandemi covid-19 melalui aplikasi whatsapp.} }