@thesis{thesis, author={NURSEYO MEIDI TRI}, title ={PENGARUH KECEPATAN DAN WAKTU PENGEREMAN TERHADAP TEMPERATUR SUHU TROMOL PADA KENDARAAN GRAND MAX}, year={2022}, url={http://eprints.pktj.ac.id/1034/}, abstract={Perkembangan kendaraan truk masa depan adalah menghasilkan kendaraan komersial besar dengan kecepatan yang lebih tinggi dan dapat membawa beban yang lebih berat, yang berarti diperlukan rem dengan kapasitan yang lebih besar. Pada kecepatan tinggi dan pengereman yang berulang-ulang, tercipta lingkungan thermal pada permukaan kontak yang dapat menjadi titik awal timbulnya panas. sehingga mesti di cari pengaruh kecepatan dan waktu pengereman terhadap suhu tromol kendaraan. Dalam penelitian ini, variabel yang di gunakan yaitu variabel bebas (variasi kecepatan dan waktu), variabel terikat (suhu tromol), dan variabel kontrol (kendaraan pick up), tektik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik eksperimen dngan mengukur suhu tromol dengan variasi kecepatan 8,33 m/s, 9,72 m/s km dan 11,11 m/s dan waktu 60 detik, 90 detik dan 120 detik. Berdasarkan analisa pada penelitian ini, Terdapat pengaruh variasi kecepatan dan waktu pengereman terhadap temperatur suhu tromol. Hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi kecepatan maka kenaikan suhu tromol semakin tinggi. waktu kenaikan Suhu tromol terlambat terdapat pada kecepatan 8,33 m/s dan penekanan gaya 30 N dengan suhu 62°C dan kenaikan suhu tromol tercepat terdapat pada kecepatan 11,11 m/s dan penekanan gaya pengereman 30 N dengan suhu 187° dan Suhu tromol terendah terdapat pada waktu 60 detik dan kecepatan 8,33 m/s dengan suhu 62°C dan kenaikan suhu tercepat pada waktu penekanan rem pada waktu 120 detik dengan kecepatan 11,11 m/s dengan suhu 187°C. Kata kunci : kendaraan, suhu rem, kecepatan, waktu} }