@thesis{thesis, author={SONA RIKA BUNGA}, title ={PENGARUH KLAKSON TERHADAP HASIL DAYA PENGEREMAN PADA KENDARAAN TRUK DAN BUS}, year={2020}, url={http://eprints.pktj.ac.id/1170/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh klakson angin terhadap hasil daya pengereman pada Truk Hino Series 500. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan ketika melakukan pengereman agar kecepatan kendaraan dapat dikurangi atau berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sistem rem dan kondisi klakson angin dapat mempengaruhi efisiensi pengereman. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan penulis adalah membandingan hasil uji efisiensi pengereman pada kendaraan Truk Hino Series 500 dan kendaraan Bus Hino Tahun 2015 pada alat uji brake tester. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil percobaan pengaruh klakson angin terhadap hasil daya pengereman pada kendaraan Truk Hino Series 500 dengan pembanding yaitu kendaraan Bus Hino. Hasil daya pengereman kendaraan dengan RPM 1000 dan RPM 2000 yang dilakukan dengan pengujian rem menggunakan alat uji brake tester pada RPM 1000 dihasilkan rata-rata dibawah ambang batas sedangan pada RPM 2000 dihasilkan rata-rata diatas ambang batas. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada kendaraan dengan klakson angin berpengaruh pada hasil efisensi pengereman. Hal itu dapat disebabkan karena penggunaan tabung klakson angin yang terkoneksi pada tanki rem angin dan semakin rendah hasil daya pengereman dapat menyebabkan kecelakaan.} }