@thesis{thesis, author={ANGGRIANA DYAS AMALIA SRIE}, title ={MEDIA VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PENYULUHAN KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN BAGI ANAK USIA 3 – 6 TAHUN}, year={2021}, url={http://eprints.pktj.ac.id/671/}, abstract={Berdasar pada Rancangan Umum Nasional Keselamatan pilar ke 4 yaitu perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan perilaku keselamatan pengguna jalan melalui penyuluhan keselamatan ke instansi pendidikan salah satunya taman kanak-kanak. Wabah virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia selain mempengaruhi sektor transportasi juga berpengaruh di sektor pendidikan. Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah akibat Covid-19 ini adalah belajar dari rumah yang berpengaruh terhadap kampanye keselamatan lalu lintas. Untuk itu dibuatlah media video animasi yang memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan pendidik untuk membantu proses memvisualisasikan cerita yang mudah dipahami dalam rangka memberikan edukasi kepada anak ? anak salah satunya untuk mengajarkan tentang keselamatan berlalu lintas, maka dibuatlah sebuah video animasi pendek ?si ZETA: Mengenal Bagian-Bagian Jalan?. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media video animasi 2D yang dapat mendukung pelaksanaan penyuluhan keselamatan pada anak usia 3-6 tahun serta mengetahui kelayakan video animasi 2D ketika digunakan dalam penyuluhan keselamatan.Metode penelitian menggunakan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluations (ADDIE) dan analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sample menggunakan sampling jenuh atau sensus karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 24 siswa.Hasil penelitian pengembangan dideskripsikan dalam langkah-langkah sistematis pengembangan video animasi penyuluhan.1) Analysis; (a) analisis tujuan dan karakteristik bidang studi; (b) analisis metode penyampaian dan kendala bidang studi; (c) analisis karakteristik anak usia dini. 2) Design; (a) content; (b) naskah; (c) instrument. 3) Development; (a) pengembangan produk; (b) review ahli; 4) Implementation; (a) menyiapkan anak dan guru; (b) uji coba pemakaian; 5) Evaluation. Kelayakan media video animasi penyuluhan yaitu (1) review ahli materi memperoleh skor 4 (Layak); (2) review ahli media memperoleh skor 3,54 (Layak); (3) uji coba pemakaian respon pengamatan anak meperoleh skor 4 (Layak); (4) Uji coba pemakaian respon guru memperoleh skor 4 (Layak); (5) evaluasi pemahaman siswa dengan hasil a) 17 anak termasuk dalam kategori Berkembang Sangat Baik; b) 4 anak termasuk dalam kategori Mulai Berkembang; dan b) 3 anak termasuk dalam kategori Belum Berkembang. Kata Kunci: penyuluhan keselamatan, perancangan, video animasi, anak usia dini} }