@thesis{thesis, author={Afandi Ria}, title ={Analisa Kekuatan Struktur Deck Crane Kapal Type Oil Tanker 5800 DWT}, year={2023}, url={http://eprints.polbeng.ac.id/12365/}, abstract={Kapal oil tanker merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut minyak bumi cair dalam kapasitas yang besar. Proses bongkar muat tanker memerlukan crane. Hal tersebut mendasari pentingnya uji kekuatan pada struktur deck crane untuk mengetahui ketahanan dan nilai kekuatan suatu struktur kapal. Buckling Tiang Mast akibat dari beban yang diterima serta perubahan bentuk pada deck crane (Deformasi) pada analisis. Berdasarkan analisa kekuatan strukturdeck crane pada kapal tanker 5800 DWT dengan berbagai variasi beban diperoleh kesimpulan bahwa tegangan maksimum yang di dapatkan pada saat crane beroperasi pada beban maksimal yaitu 15 Ton dan mendapatkan nilai sebesar 29,356 Mpa. Sedangkan tegangan minimum terjadi saat crane beroperasi pada beban 15 Ton sebesar 9,572 Mpa. Area kritis yang terjadi pada masing-masing variasi beban yang terjadi pada deck crane. Berdasarkan hasil analisa yang telah didapatkan dari masing-masing variasi beban dimasukkan ke dalam perhitungan safety factor dengan nilai yang didapat sebesar 80,75N/mm2 dan tegangan yang diijinkan oleh BKI sebesar 190 Mpa, maka dapat disimpulkan bahwa konstruksi deck crane masih dalam kategori aman (safety).} }