@thesis{thesis, author={BADIATUL PUSPA HATI -}, title ={Hubungan Kualitas Pelayanan di Klinik Gigi Terhadap Kepuasan Pasien Kontrol Orthodontic Cekat di Masa Pandemi Covid19}, year={2021}, url={http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/7684/}, abstract={Latar belakang: Pandemi covid-19 membuat klinik gigi perlu menaati protokol kesehatan sehingga pasien merasa nyaman dengan kualitas pelayanan yang di berikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan data, 50% responden menyatakan cukup baik, serta tingkat kepuasan pasien didapatkan data 40% responden menyatakan kurang puas. Tujuan penelitian: Diketahui adanya hubungan kualitas pelayanan orthodontik dengan kepuasan pasien di klinik gigi pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel 38 responden. Variabel penelitian ini adalah kualitas pelayanan orthodontik cekat dan kepuasan pasien orthodonti cekat. Penelitian dilakukan bulan Agustus-September 2021. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner melalui media online (goole form). Analilis data menggunakan analisisi bivariet, disajikan dalam bentuk tabulasi silang dengan uji korelasi (kendels tau). Hasil penelitian: responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 responden (63,2%), responden berusia 13-18 tahun sebanyak 25 responden (65,8%), responden berpendidikan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 26 responden (68,4%), responden menyatakan kualitas pelayanan cukup baik sebanyak 16 responden (42,1%), selain itu responden menyatakan cukup puas sebanyak 16 responden (42,1%), kualitas pelayanan cukup baik memiliki kepuasan pasien yang cukup puas sebanyak 10 responden (26,3%) dan hasil uji kendalls tau memiliki nilai signivikansi sebesar 0,014 dan nilai keofisien korelasi 0,362. Kesimpulan: Kualitas pelayanan di klinik gigi Max + Dental Care Bumijo berhubungan kuat dengan kepuasan pasien di masa pandemi covid-19. Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan} }