@thesis{thesis, author={Putri Iza Diana}, title ={Studi Preliminari Pengembangan Indonesian Regional Anesthesia Satisfaction Questionnaire (InRAS-Q) untuk Menilai Kepuasan Anestesi Regional pada Pasien Pasca-operasi}, year={2021}, url={http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/9631/}, abstract={Latar belakang: Pentingnya penilaian kepuasan anestesi regional pada pasien pasca-operasi untuk meningkatkan kesembuhan pasien, kualitas pelayanan anestesi, dan mutu anestesi di Indonesia seiring dengan perkembangannya ke depan. Saat ini belum ada kuesioner baku dan spesifik untuk menilai tingkat kepuasan anestesi regional di Indonesia. Mengenai instrumen penilai kepuasan itu peneliti tertarik melakukan studi awal pengembangan kuesioner untuk menilai kepuasan anestesi regional versi Indonesia modifikasi dari EVAN-LR dengan nama InRAS-Q (Indonesian Regional Anesthesia Satisfaction Questionnaire). Tujuan: Melakukan studi awal pengembangan InRAS-Q untuk menilai kepuasan anestesi regional pasien pasca-operasi. Metode: Penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four D Models). Langkah dari prosesnya disebut sebagai siklus research and development (R&D) meliputi 4 tahapan yaitu tahap (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop) dan (4) uji coba (disseminate) Hasil: Studi awal pengembangan InRAS-Q melalui proses penerjemahan dan modifikasi kuesioner EVAN-LR versi Indonesia menghasilkan model pengembangan InRAS-Q yang valid dan reliabel. Menggunakan uji validitas analisis CVR menghasilkan 18 pernyataan relevan dari 19 item pernyataan akhir InRAS-Q yang sudah melalui tahap perbaikan dari panelis. Sedangkan hasil uji reabilitas dengan metode hasil Cronbach?s Alpha didapatkan nilai reliabilitas yang baik sebesar 0,662. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis CVR dan uji reliabilitas konsistensi internal Cronbach's Alpha menunjukkan bahwa InRAS-Q valid dan reliabel. Oleh karena itu, dari hasil stusi awal pengembangan InRAS-Q sebanding dengan EVAN-LR dan dapat digunakan untuk menilai kepuasan anestesi regional pasien di rumah sakit atas pelayanan yang diterima. Kata kunci: anestesi regional, EVAN-LR, kepuasan, kuesioner} }