@thesis{thesis, author={DANANG KRIDO ARNANTO .}, title ={APLIKASI JASA SERVICE ELEKTRONIK KARANGANYAR BERBASIS ANDROID}, year={2021}, url={http://eprints.stmik-aub.ac.id/118/}, abstract={MAN servis elektronik merupakan UMKM dibidang jasa elektronik yang berada di Kabupaten Karanganyar. Dalam proses palayanan jasanya, pelanggan MAN servis datang sendiri ke tempat kerja MAN servis elektronik. Kemudian pemilik MAN servis elektronik akan menerima keluhan beserta alat elektronik yang perlu untuk diperbaiki dan pelanggan mendapatkan nota servis. Dalam pengerjaan maupun antrian banyak pelanggan yang menanyakan tentang informasi barang elektroniknya, sehingga membuat pekerjaan servis terhenti. Sejak ada nya masa pandemi ini terjadi penurunan omzet pada MAN servis. Barang elektronik yang datang silih berganti membuat pengolahan antrian yang masuk tidak tercatat sehingga pemilik MAN servis elektronik ini kebingungan mana yang akan dikerjakan selanjutnya. Pencatatan antrian servis didalam buku menyebabkan pengerjaan memakan waktu yang cukup lama sehingga memperlambat MAN servis untuk memperbaiki barang elektronik. Pelayanan informasi mengenai progress servis juga dirasa sangat kurang oleh pelanggan MAN servis. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat sebuah sistem informasi jasa servis berbasis android dan web admin dengan mengunakan metode first come first serve dengan bahasa pemrograman Cordova, PHP, Java dan database MySQL. Hasil Penelitian ini adalah aplikasi jasa servis elektronik berbasis android dan web admin. Dalam aplikasi android pelanggan dapat melihat antrian servis, progres servis hingga biaya servis. Untuk di web adminnya MAN servis bisa melihat antrian servis, memperbarui status servis, memberitahu biaya servis hingga laporan pelanggan dan laporan pendapatannya. Maka diperoleh kesimpulan dengan adanya aplikasi jasa servis elektronik dapat digunakan untuk melakukan manajemen antrian menggunakan metode first come first serve berbasis android dan web admin yang dapat diakses melalui smartphone, sehingga sangat membantu dalam memberikan informasi antrian dan progress servis kepada pelanggan tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Perancangan sistem menggunakan metode waterfall, analisa sistem menggunakan analisa PIECES serta Alur sistem menggunakan Flowchart, Data Flow Diagram, Data Flow Diagram Level 0, Data Flow Diagram Level 1, Context Diagram dan Tabel Relasi. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman Cordova, PHP, Java dan MySQL sebagai pengolahan database.} }