@thesis{thesis, author={VINA KURNIA PRATAMA .}, title ={PERANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) DI CHE-ES RESTO MANAHAN SOLO BERBASIS ANDROID}, year={2021}, url={http://eprints.stmik-aub.ac.id/129/}, abstract={Che-es Resto adalah sebuah restoran yang bergerak dibisnis makanan dan minuman, masih menggunakan sistem manual yaitu pelanggan harus datang langsung ke lokasi untuk menanyakan informasi menu yang tersedia, lalu memesan secara manual dan kasir akan mecatat pesanan dibuku pesanan, transaksi akan dilakukan ketika pelanggan sudah datang langsung ke restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengelola data penjualan makanan dan minuman secara online dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, Che-es resto akan menggunakan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis Android, Hasil implementasi penerapan metode Customer Relationship Management pada Che-es resto memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi menu, informasi harga, dan informasi bahan makanan Hasil perancangan sistem informasi pemesanan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES (Perfomance, Information, Economy, Cotrol, Efficiency, dan Service).Sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan UML(Unified Modeling Language) yang terdiri flowchart sistem, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Berdasarkan pengujian aplikasi CRM berbasis android yang telah dilakukan menggunakan blackbox testing, sistem yang dibangun dapat membantu masalah yang dihadapi pengelola restoran.} }