@thesis{thesis, author={Mahendrathama Akbar}, title ={Strategi komunikasi pemasaran warung makan Sego Gobyos Mbah Tugi Pacitan dalam meningkatkan daya saing}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61893/}, abstract={Strategi didefinisikan sebagai sebuah tindakan, aksi atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk mencapai sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Strategi komunikasi pemasaran menjadi urgen dalam menyampaikan misi pemasaran dalam suatu produk untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengunjung dan hal tersebut berdampak dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Mekar Jaya Seafood di Pacitan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Observasi di Mekar Jaya Seafood, wawancara dilakukan kepada pemilik warung makan dan karyawan warung makan, sedangkan dokumentasi diperoleh dari data-data yang diperoleh di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Mekar Jaya Seafood merupakan sebuah restoran yang menonjolkan menu makanan seafood. Mekar Jaya Seafood tidak melakukan strategi komunikasi pemasaran berupa 8 bauran komunikasi pemasaran yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), acara dan pengalaman (event and experience), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity), pemasaran interaktif (interactive marketing), pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), pemasaran langsung (direct marketing), dan penjualan personal (personal selling) karena hanya menggunaka 4 bauran strategi komunikasi pemasaran yaitu promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity), pemasaran interaktif (interactive marketing), pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), dan penjualan personal (personal selling). Mekar Jaya Seafood lebih aktif menggunakan stategi komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram. Harapan peneliti kepada penelitian selanjutnya adalah agar dapat melakukan dan menghasilkan penelitian terkait strategi komunikasi pemasaran dengan memperhatikan setiap aspek-aspek dan metodologi yang harus terkandung di dalamnya} }