@thesis{thesis, author={Shafwa Maitsa Adzra Tsani Shafwa Maitsa Adzra}, title ={Pengembangan LKPD elektronik berbasis model discovery learning pada materi bentuk aljabar}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61912/}, abstract={Seiring perkembangan zaman, ilmu pengetahuan semakin berkembang, yang mendorong penciptaan teknologi baru. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan tentunya akan sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Namun, banyak ditemukannya media pembelajaran yang masih belum memanfaatkan teknologi. Selain itu, masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam materi Bentuk Aljabar, terutama pada soal cerita. Sehingga, dibutuhkannya media pembelajaran yang menarik contohnya seperti LKPD elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan penggunaan LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Discovery Learning menggunakan LiveWorksheets pada materi Bentuk Ajabar VIII SMP dan mengetahui kepraktisan penggunaan LKPD elektronik menggunakan LiveWorksheets pada materi Bentuk Aljabar kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, serta lima orang peserta didik dari kelas VIII B SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta sebagai uji coba kelas kecil, dan peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta sebagai uji coba kelas besar. Teknis analisis data diperoleh melalui hasil instrumen Ahli Materi, hasi instrumen Ahli Media, dan hasil dari angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini secara singkat menunjukkan bahwa LKPD elektronik yang dikembangkan memperoleh kategori sangat valid dari ahli materi dengan total keseluruhan aspek yaitu 82,89% dan mendapatkan kategori sangat valid dari ahli media dengan total keseluruhan aspek 94,48% dan kepraktisan LKPD elektronik diperoleh dari penilaian peserta didik dengan keseluruhan aspek memperoleh 88% untuk kelas kecil dengan kategori sangat praktis, dan untuk kelas besar memperoleh 79,82% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut E-LKPD ini valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.} }