@thesis{thesis, author={Rahayu Annisa Septia}, title ={Pengaruh STEM PJBL terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS SD kelas IV}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61923/}, abstract={Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA di sekolah disebabkan guru yang masih menggunakan metode konvensional dengan ceramah yang berpusat kepada guru dan kurangnya kegiatan yang mengasah keterampilan serta kreativitas siswa. Sehingga siswa kurang berusaha untuk menggali dan menuangkan ide-idenya walaupun sederhana di dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendekatan atau model yang digunakan guru dalam pembelajaran belum tepat sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal, sehingga terdapat siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi STEM-PjBL dalam pembelajaran IPAS di SD dan mengukur kreativitas siswa serta mengukur pengaruh STEM-PjBL terhadap kreativitas siswa. Desain penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimental, dengan jenis Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Uji validitas instrument menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Pengumpulan data melibatkan seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 58 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample t-test dan Uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menujukkan presentase keterlaksanaan model pembelajaran STEM-PjBL pada kategori Sangat Baik. Kreativitas siswa setelah diberikan perlakukan STEM-PjBL berada di kategori Tinggi dengan skor presentase 47%. Kreativitas siswa yang paling menonjol dari setiap indikator adalah Rasa Ingin Tahu sedangkan pada setiap item butir indikator yaitu Menunjukkan Rasa Ingin Tahu. Hasil Uji Hipotesis paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kreativitas siswa setelah diberikan perlakuan STEM-PjBL dan uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Sehingga disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran STEM-PjBL terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi sekolah dan guru agar dapat bekerjasama secara aktif dalam meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran STEM PjBL. Selain itu, guru dapat mengimplementasikan STEM-PjBL dalam proses pembelajaran agar kreativitas siswa dapat meningkat.} }