@thesis{thesis, author={Ardyanti Sabita Putri Dwi}, title ={Peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep magnet melalui model pembelajaran Project Based Learning Kelas V SD Negeri Sokowaten Baru}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61934/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran. kemendikbudristek meluncurkan ?Merdeka Belajar? yang memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam mengoptimalkan peralatan yang dapat mempermudah proses pemahaman materi. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar IPAS peserta didik rendah karena pembelajaran masih secara kovensional yakni menggunakan ceramah dan penugasan. Sehingga guru masih menjadi pusat pembelajaran. Perlu adanya perbaikan hasil belajar dengan salah satu solusi yaitu pemilihan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapam model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep magnet kelas V SD Negeri Sokowaten Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian yaitu 24 peserta didik kelas V SD Negeri Sokowaten Baru. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumplan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep magnet. Langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning memberikan perubahan yang signifikan terhadap perhatian peserta didik pada saat pembelajaran konsep magnet. Keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning sudah mencapai pada kriteria keberhasilan pada penelitian ini. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari data pra siklus yang meningkat pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II. Ketercapaian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat dilihat dari data hasil observasi yang menunjukkan besar presentase keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning mencapai pada kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan pada penelitian ini.} }