@thesis{thesis, author={Hartono Hilmy}, title ={Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMP X Yogayakarta}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61938/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Ngaglik Yogyakarta. Jumlah sampel yang diteliti adalah 64 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan alat ukur skala self-regulated learning, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial orang tua. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda, dengan menggunakan program komputer Statistical Product and Service Sollution (SPSS) 16.00 for Windows. Hasil analisis menghasilkan: (1) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning dengan koefisien korelasi R = 0,634 dengan taraf signifikansi (p) 0,000 (p<0,01). (2) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara efikasi diri dengan self-regulated learning dengan nilai partial 0,388 dan nilai signifikansi (p) 0,003 (p<0,01). (3) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning dengan nilai partial 0,435 dan nilai signifikansi (p) 0,001 (p<0,01). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning pada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Ngaglik Yogyakarta dengan sumbangan efektif 40,2%. Selain itu sumbangan efektif efikasi diri terhadap self-regulated learning 18% serta sumbangan efektif dukungan sosial orang tua terhadap self-regulated learning 22%.} }