@thesis{thesis, author={Pratiwi Aulia Cahya}, title ={Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament dan Tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar matematika peserta didik}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/61978/}, abstract={Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru dan kurang bervariasi menyebabkan peserta didik merasa bosan. Akibat yang dapat terjadi adalahkurangnya perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran, sehinggamenyebabkan hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan dapat meningkatkankeaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan Student Tema Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran inovatif yang dapat mendorong keaktifan pesertadidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adatidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika peserta didikkelas XI APHP SMK Negeri 1 Salam semester genap tahun pembelajaran 2023/2024(2) mengetahui pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih berpengaruh daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI APHP SMK Negeri 1 Salam semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif true experimental. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APHP SMK Negeri 1 Salam tahun pelajaran 2023/2024, yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan data sampel penelitian menggunakanteknik random sampling. Diperoleh kelas XI APHP 1 sebagai kelas eksperimen1dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas XI APHP3sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumenpenelitian berupa berupa tes hasil belajar matematika berbentuk uraian denganbanyak soal ada 5 item. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan independent sample t test. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% dengan menggunakanperhitungan SPSS versi 25 for windows menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaanpengaruh antara pembelajaran TGT dan pembelajaran STAD terhadap hasil belajar peserta didik . Ditunjukkan pada sig = 0,015. maka sig < taraf signifikan sehingga 0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajarankooperatif tipe TGT dan tipe STAD (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGTlebih berpengaruh daripada model pembelajaran kooperatif itpe STADterhadap hasil belajar. Ditunjukkan pada t hitung > t tabel (2,495 > 1,667), sehingga dapat diketahui bahwa H0 ditolak. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih berpengaruh. Kata kunci: Pengaruh, Team Game Tournament, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar.} }