@thesis{thesis, author={Ibrohim Maulana Malik}, title ={Membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/62065/}, abstract={Pendidikan bidang kejuruan di Indonesia dilaksanakan melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK diharapkan mampu menciptakan lulusan yang siap bekerja. Namun pada kenyataanya keterserapan lulusan SMK masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara membangun kemitraan dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Membangun kemitraan sangat penting untuk meningkatkan mutu lulusan lembaga pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) memaparkan langkah-langkah membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri, (2) mendeskripsikan model kemitraan sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan, (3) mengukur keberhasilan dalam membangun kemitraan untuk meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo; a) menentukan tujuan sekolah membangun relasi dengan dunia usaha dan dunia industri, b) melakukan identifikasi internal lembaga, c) melakukan sosialisasi, d) melakukan perencanaan program, e) melakukan kesepakatan dan kesepahaman. Model kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo a) model kemitraan kerja berupa kelas-kelas industri,b) model kolaborasi berupa rekrutmen peserta didik/ alumni, PKL, bantuan tenaga pengajar, serta keberhasilan dalam membangun kemitraan untuk meningkatkan mutu lulusan di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo a) aspek akademik berupa Meningkatnya kompetensi peserta didik, serta terdapat beberapa prestasi yang diraih peserta didik dalam perlombaan, selain itu juga terdapat penyelengaraan UKK yang diselengarakan bersama dengan beberapa perusahaan, b) aspek non akademik berupa meningkatnya aspek keingintahuan yang tinggi.} }