@thesis{thesis, author={Ramli Yuni Kartika}, title ={Flow akademik siswa SMA Muhammadiyah Se Kota Yogyakarta: peran kelekatan teman sebaya dan self-regulated learning}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64764/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kelekatan teman sebaya dan self-regulated learning dengan flow akademik siswa SMA Muhammadiyah se Kota Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah kelas XII sebanyak 255 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tiga skala psikologi yaitu skala flow akademik, skala kelekatan teman sebaya dan skala self-regulated learning (SRL) dengan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for windows 23.0. Hasil penelitian hipotesis mayor ditemukan nilai R square sebesar 0,603 dengani nilai p = 0,000 (p<0,01) menunjukkan bahwa kelekatan teman sebaya dan self-regulated learning berpengaruh terhadap flow akademik. Uji hipotesis minor pertama memiliki nilai t 2,189 dan dengan p 0,030<0,05. UIji hippotesis minor kedua memiliki nilai t 9,779 dan p 0,000<0,01. Berdasarkan hasil statistik menunjukkan bahwa secara simultas kelekatan teman sebaya dan self-regulated learning memiliki peran yang signifikan terhadap flow akademik dengan masing-masing perannya berarah positif. Sumbangan efektif self-regulated learning terhadap flow akademik yaitu 32,67%, kelekatan teman sebaya terhadap flow akademik yaitu 3,70%.} }