@thesis{thesis, author={Zaini Khairil Fikri}, title ={Analisis kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa kelas III sekolah dasar Muhammadiyah Domban 3}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64901/}, abstract={Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yang diliat Oleh penulis di Sd Muhammadiyah Domban 3 Yaitu Kesulitan belajar operasi hitung pembagian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan dalam proses pembelajaran Matematika mengenai operasi hitungan pembagian di kelas II SD Muhammadiyah Domban 3. kesulitan belajar Matematika adalah suatu kondisi di mana siswa tidak dapat belajar secara wajar dalam bidang akademik khususnya pada mata pelajaran Matematika sehingga siswa tidak bisa belajar sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD Muhammadiyah Domban 3. Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terdiri dari (1) kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan membedakan simbol-simbol, (3) kesulitan dalam penggunaan prosedur, (4) salah menurunkan angka, (5) salah mendapatkan hasil pembagian, dan (6) kesalahan penulisan, selain itu faktor internal yang mempengaruhi adalah (1) kurangnya pemahaman konsep, dan (2) perhatian siswa rendah dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah (1) faktor keluarga yang kurang perhatian dan sibuk kerja, dan (2) lingkungan sekitar rumah dimana siswa lebih banyak bermain game online dari pada belajar.} }