@thesis{thesis, author={Cahyaningsih Annisa Aprilia}, title ={Keefektifan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk menurunkan prokrastinasi akademik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bantul}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64907/}, abstract={Penelitian ini didasari oleh ada banyak tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan pendidikan, salah satunya adalah perilaku peserta didik terhadap prokrastinasi akademik. Perilaku seperti itu mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran mereka dan pencapaian yang mereka capai. Peserta didik sering mengalami kesulitan menyelesaikan tugas, tidak memiliki tanggung jawab yang cukup, mengabaikan deadline, menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk mempersiapkan, dan akhirnya gagal menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk menurunkan prokrastinasi akademik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Peneliti menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design dengan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 75 peserta didik. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 7 peserta didik sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert prokrastinasi akademik dengan hasil dari uji validitas skala dari 62 butir pernyataan menjadi 46 butir pernyataan yang valid dengan r hitung 0.3202 dan skor dari Alpha Cronbach?s sebesar 0.958 dan 46 item dapat dikategorikan reliabel. . Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan paried sample t-test. Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh hasil rata-rata pretest 141,71 dan posttest 110,42 sehingga penurunan prokrastinasi akademik peserta didik sebesar 31,29. Hasil analisis menggunakan paried sample t-test menunjukan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000, karena 0,000 (<0,005) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukan bahwa adanya penurunan prokrastinasi akademik peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving efektif dilakukan untuk menurunkan prokrastinasi akademik peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bantul.} }