@thesis{thesis, author={Adibah Yumna}, title ={Pengembangan Comicmath interaktif berbasis Computational Thinking dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMK}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64962/}, abstract={Kemampuan literasi matematika siswa saat ini sangat rendah, khususnya materi- materi matematika yang menurut siswa memuat banyak simbol maupun rumus matematika seperti barisan geometri. Dalam pembelajaran barisan geometri, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis situasi matematis yang ada, mereka bingung ketika diminta untuk membuat pola dan hubungan melalui penarikan analogi serta generalisasinya. Dalam pemberian alasan mengenai pola dan hubungan yang mereka buat, siswa juga mengalami kendala tersendiri. Selama pembelajaran barisan geometri, siswa merasa sulit dalam menyajikan fenomena matematis ke bentuk model matematis. Rendahnya kemampuan literasi matematis ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesiapan sarana prasarana dari perangkat pembelajaran guru maupun strategi pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan literasi matematika siswa dan menunjang pembelajaran barisan geometri. Oleh karena itu, pendidik perlu mempertimbangkan metode serta pendekatan yang tepat dalam pembuatan instrumen, serta mengembangkan aspek kemampuan literasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking pada pembelajaran matematika. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan suatu bahan ajar berupa Comicmath interaktif berbasis Computational Thinking yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa SMK. Berdasarkan hasil pengembangan diketahui bahwa Comicmath interaktif yang dikembangkan sudah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk perangkat pembelajaran, sehingga produk tersebut dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa setelah dilakukan implementasi.} }