@thesis{thesis, author={Puspaningratri Lusiana}, title ={Analisis kemampuan guru dalam penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di SD Muhammadiyah Demangan}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64969/}, abstract={Perubahan kurikulum yang terjadi akhir-akhir ini membuat banyaknya perubahan pada sistem pendidikan baik dalam administrasi maupun pola kegiatan belajar mengajar, pembelajaran yang dulunya masih konvensional, sekarang sudah harus menggunkan teknologi dalam pengimplementasiannya mulai dari media yang digunakan, sampai dengan lembar kerja atau bahkan bahan ajar yang menarik serta melakukan evaluasi dan kegiatan administrasi siswa berbasis IT. Perbedaan rentang usia guru juga menyebabkan adanya gap pada setiap generasi, karena setiap guru memiliki pebedaan tahun lahir. Generasi X adalah generasi yang lahir pada tahun - tahun awal dari perkembangan teknologi dan informasi seperti penggunaan PC (persona computer), video games, tv kabel, dan internet. Sedangkan Generasi Y (Milenial) adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming. yang dil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan usia guru dilihat dari generasi X dan Y (milenial) di SD Muhammadiyah Demangan terhadap kemampuan penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang berfokus pada analisis perbandingan dari ke-7 domain TPACK pada usia guru dilihat dari 2 generasi yaitu generasi X dan generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto, instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang nantinya akan disebarkan kepada seluruh guru di SD Muhammadiyah Demangan. Hasil penelitian; Pertama, adanya perbedaan penerapan guru generasi X dengan guru milenail pada kategori Technological Knowledge, Content Knowledge, Technological Content Knowledge, dan Technological Pedagogical Knowledge melalui uji hipotesis simple t-test yang telah dilakukan. Kedua, tidak ada perbedaan kompetensi guru generasi X dengan guru generasi milenial pada kategori Pedagogical Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, dan Technological Pedagogical Content Knowledge. Ketiga, melalui uji F anova yang dilakukan menyatakan bahwa usia berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi guru dalam menerapkan TPACK. Keempat, rata-rata nilai kemampuan TPACK yang dimiliki oleh guru generasi milenial lebih tinggi dibandingkan dengan guru generasi X karena berbagai faktor, seperti kebiasaan hidup guru muda yang berdampingan dengan era teknologi digital, serta kemunduran kemampuan berfikir serta daya ingat yang mulai menurun pada guru tua.} }