@thesis{thesis, author={Mufida Ayu Ipta}, title ={Pengaruh budaya sekolah terhadap karakter religius peserta didik SD Muhammadiyah Pajangan 2}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/64975/}, abstract={Budaya sekolah di SD bertujuan untuk memberikan pembiasaan pada peserta didik untuk dapat mengembangkan berbagai macam karakter dalam diri peserta didik salah satunya karakter religius yaitu karakter paling dasar yang harus dimiliki peserta didik. Namun pada kenyataannya, budaya sekolah saat ini belum berpengaruh terhadap karakter religius peserta didik karena kurangnya penguatan pembiasaan harian budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah artefak non fisik terhadap karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah Pajangan 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21 peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pajangan 2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan angket budaya sekolah dan karakter religius. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas untuk mengetahui data yang didapatkan berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui kesamaan varians. Kemudian yang selanjutnya menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dan terikatnya dengan menggunakan Uji paired sampel t-test. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata penguatan pembiasaan harian sebelum dilakukan eksperimen sebesar 62,86 yang artinya kecenderungan datanya tinggi. Setelah dilakukan eksperimen penguatan pembiasaan harian memperoleh rata-rata sebesar 81,90 yang menunjukkan bahwa kecenderungan datanya sangat tinggi. Nilai Karakter Religius juga mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan eksperimen penguatan pembiasaan harian mendapatkan rata-rata sebesar 67,62 yang artinya kecenderungan datanya tinggi dan setelah dilakukan eksperimen penguatan pembiasaan harian budaya sekolah memperoleh rata-rata sebesar 84,29 yang kecenderungan datanya sangat tinggi. Adapun berdasarkan uji hipotesis dan analisis yang dilakukan menggunakan Uji paired sampel t-test yang dilakukan pada data pretest dan posttest budaya sekolah dan karakter religius. Berdasarkan hasilnya diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 berarti nilai tersebut < 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis apabila nilai Sig. (2-tailed) < maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang positif atau peningkatan yag signifikan dari penguatan pembiasaan harian budaya sekolah terhadap karakter religius peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penguatan pembiasaan harian budaya sekolah yang dilakukan berpengaruh dalam meningkatkan karakter religius peserta didik SD Muhammadiyah Pajangan 2.} }