@thesis{thesis, author={Fauzan Parhan}, title ={Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada siswa remaja}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/65028/}, abstract={Fenomena masalah karier yang dialami siswa remaja saat ini menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Permasalahan karier pada siswa remaja mampu mengakibatkan keputusannya tidak optimal dan cenderung menghambat proses perkembangannya dari berbagai aspek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada siswa remaja kelas X di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Desain penelitian pre-experimental design type one group pre-test post-test. Untuk penentuan subjek penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 8 siswa kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi perencanaan karier. Uji validitas penelitian menggunakan korelasi product moment dan uji realibilitas menggunakan Cronbach?s Alpha. Analisis data penelitian menggunakan paired sample t-test dengan bantuan perangkat SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan pada kemampuan perencanaan karier siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok Teknik problem solving dengan rata ? rata sebesar 12,375. Hal ini ditunjukkan pada nilai rata ? rata pretest yaitu 95,25 dan nilai rata ? rata posttest menjadi 107,625. Berdasarkan analisis data uji t menggunakan program SPSS versi 23 diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 yang menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier pada siswa remaja kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta.} }