@thesis{thesis, author={FEBRIANA DEVI}, title ={Program penanaman perilaku disiplin melalui metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Mardi Putra}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/77138/}, abstract={Permasalahan dari penelitian ini terdapat beberapa anak kelas B masih kesulitan dalam mengikuti aturanan rutinitas yang telah diterapkan, yang berdampak pada efektivitas proses pembelajaran dan suasana kelas. Program Penanaman perilaku disiplin melalui metode pembiasaan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter disiplin. Proses pembelajaran perilaku disiplin melalui metode pembiasaan memiliki tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Mardi putra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program perilaku disiplin melalui metode pembiasaan di TK ABA Mardi putra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan 2 guru kelas, sedangkan objek penelitian adalah program perilaku disiplin melalui metode pembiasaan di TK ABA Mardi putra. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, pengkodean data, dan analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program perilaku disiplin melalui metode pembiasaan di TK ABA Mardi putra yaitu melalui tahap perencanaan pembelajaran dengan membuat program tahunan, program semester, dan modul ajar serta menggunakan acuan buku pedoman dari ?Aisyiyah. Pelaksanaan disiplin terlihat dari pembiasaan yaitu dengan rutin membaca iqro? dan sholat. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara observasi, catatan anekdot, check list, dan hasil karya. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran yaitu beberapa materi belum tersampaikan kepada anak karena adanya agenda insidental guru.} }