@thesis{thesis, author={Irfiana Fuadiyah}, title ={Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi powtoon materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV sekolah dasar}, year={2024}, url={http://eprints.uad.ac.id/77174/}, abstract={Pembelajaran matematika seringkali dihadapkan dengan materi yang bersifat abstrak dan di luar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang menarik dapat membantu proses pembelajaran dengan efektif. Dapat mempermudah siswa dalam belajar matematika melalui media pembelajaran powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan dari media pembelajaran powtoon dari ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru, dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengacu pada model Borg and Gall yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif kualitatif. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran powtoon materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Media pembelajaran powtoon tervalidasi oleh ahli media dengan nilai 91,7, ahli materi dengan nilai 90, dan ahli pembelajaran dengan nilai 82,5. Uji coba lapangan dilakukan di SD Negeri Purwodadi melalui respon guru yang diperoleh 92,5 sedangkan respon siswa diperoleh nilai rata-rata 93. Hal tersebut menunjukkan dalam proses pembelajaran powtoon sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan kategori sangat baik.} }