@thesis{thesis, author={Rizky Nur Risam Muhammad}, title ={Implementasi strategi pembelajaran PAI bagi siswa ABK Tunagrahita di SDN Gadingan Wates Tahun Ajaran 2022 2023}, year={2023}, url={http://eprints.uad.ac.id/77340/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan guru PAI dalam menerapkan strategi pembelajaran PAI di sekolah inklusi serta guru PAI kesulitan dalam pengkondisian kelas di sekolah inklusi. Tujuan penelitian yang pertama untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI pada siswa tunagrahita di SDN Gadingan Wates, yang kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SDN Gadingan Wates. . Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ditelusuri menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama bahwa strategi pembelajaran PAI yang diterapkan oleh guru PAI bagi siswa tunagrahita yani strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran kooperatif dengan model diskusi, presentasi, metode ceramah, metode bernyanyi, joyful learning, serta melakukan pendekatan personal bagi siswa tunagrahita. Kedua faktor pendukung di dalam guru menerapkan strategi pembelajaran yakni karena adanya media pembelajaran yang memadahi seperti buku bahan ajar, dan peralatan olahraga anak (POA), serta adanya guru pendamping khusus. Sementara itu faktor penghambatnya seperti kesulitannya siswa tunagrahita dalam kemampuan membaca, serta sulitnya guru dalam mengkondisikan kelas saat proses pembelajaran} }